Danau Sentani, Danau Eksotis Terbesar di Papua

Salah satu keindahan alam dari Tanah Papua yang tidak boleh dilewatkan adalah danau Sentani. Danau Sentani terletak di kabupaten Jayapura, Papua. Danau ini berada di lereng pegunungan cagar alam Cycloops yang sangat luas, memiliki luas sekitar 250.000 hektar. Danau Sentani sendiri memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 meter dpl, dan merupakan danau terbesar di pulau Papua.
Lokasi danau ini sangat mudah dijangkau karena cuma berjarak 50 km dari kota Jayapura. Saat yang paling tepat untuk berkunjung ke danau ini adalah pada bulan Juni, karena pada bulan itu diadakan Festival Danau Sentani ( FDS ). Festival ini berisi acara seperti tarian perang khas Papua, tarian adat yang dilakukan diatas perahu, serta sajian kuliner khas Papua seperti papeda.

Di dalam danau ini terdapat berbagai spesies ikan air tawar khas Papua, seperti ikan pelangi sentani, ikan gabus danau sentani, ikan pelangi merah dan yang paling unik adalah ikan hiu gergaji yang sangat langka. Danau Sentani ini juga dijadikan lokasi untuk menyelam, memancing, ski air dan wisata kuliner karena disana banyak penjual kuliner khas Papua.

Merasakan sejuknya udara di sekitar danau membuat perasaan menjadi tenang. Alami dan benar-benar memberi ketenangan.***

Sumber: Sarang Semut Papua

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *